ETIKA PUBLIKASI

JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama) diperuntukan sebagai media publikasi yang telah dipublikasikan dan mempunyai minimal plaigiat 30 %, pada Jurnal Teknik Informatika Kaputama digunakan sebagai wadah publikasi dibidang komputer dan merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak diperbolehkan, dan Jurnal Teknik Informatika Kaputama tidak memberikan toleransi tindakan plagiarisme dalam bentuk apapun, jika Penulis yang mengirimkan artikel ke Jurnal Teknik Informatika Kaputama menegaskan bahwa manuskrip tersebut adalah asli.

Tugas berikut yang diuraikan untuk editor, penulis, dan pengulas didasarkan pada Kode Etik COPE untuk Editor Jurnal. Editor, penulis, dan reviewer juga akan mematuhi kebijakan pada Jurnal Teknik Informatika Kaputama.


Editor

Berdasarkan laporan review dewan review editorial, editor dapat menerima, menolak, atau meminta modifikasi pada manuskrip.

  1. Setiap editor harus memastikan bahwa setiap manuskrip pada awalnya dievaluasi oleh editor untuk keasliannya, menggunakan perangkat lunak yang sesuai untuk melakukannya. Setelah tinjauan pustaka, naskah diteruskan tinjauan dan diteruskan ke dewan peninjau editorial yang akan membuat rekomendasi untuk menerima, menolak, atau memodifikasi naskah.

  2. Editor harus memastikan bahwa informasi mengenai manuskrip yang diserahkan oleh penulis dirahasiakan.

  3. Editor tidak akan menggunakan materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang diserahkan untuk penelitiannya sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Penulis

Berdasarkan laporan review dewan review editorial, editor dapat menerima, menolak, atau meminta modifikasi pada manuskrip.

  1. Penulis harus menyajikan laporan akurat dari penelitian asli mereka serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Naskah akan mengikuti pedoman pengiriman jurnal. (Lihat kebijakan pedoman pengiriman).

  2. Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya yang sepenuhnya asli.

  3. Penulis tidak boleh mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Diharapkan juga bahwa penulis tidak akan menerbitkan manuskrip atau manuskrip yang bersifat mubazir yang mendeskripsikan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal.

  4. Penulis harus mengetahui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian dan mengutip publikasi yang berpengaruh dalam pekerjaan penelitian.

  5. Penulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan atau interpretasi dari studi yang dilaporkan. Orang lain yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai penulis bersama.

  6. Penulis juga memastikan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi naskah yang dikirimkan dan pencantuman nama mereka sebagai rekan penulis.

  7. Penulis harus memberikan data mentah terkait dengan naskah mereka untuk tinjauan editorial dan harus menyimpan data tersebut, Jika pada suatu saat, penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidakakuratan dalam naskah yang dikirimkan, maka kesalahan atau ketidakakuratan tersebut harus dilaporkan kepada editor.

Peninjau

Informasi mengenai manuskrip yang diserahkan oleh penulis harus dijaga kerahasiaannya dan diperlakukan sebagai informasi istimewa. Peninjau naskah harus memastikan bahwa penulis telah mengetahui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian. Segala jenis kemiripan atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan atau dengan makalah lain yang diterbitkan yang memiliki pengetahuan pribadi pengulas harus segera diberitahukan kepada editor. Review naskah yang diserahkan harus dilakukan secara obyektif dan reviewer harus mengungkapkan pendapatnya secara jelas dengan argumen yang mendukung. Dalam hal seorang reviewer merasa tidak mungkin menyelesaikan review artikel dalam waktu yang ditentukan maka informasi tersebut harus dikomunikasikan kepada editor, agar artikel tersebut dapat dikirimkan kepada reviewer lain.


Penolakan

Redaksi Jurnal Teknik Informatika Kaputama berupaya untuk memastikan keakuratan semua informasi ("Isi Artikel") yang dimuat dalam terbitannya. Namun, Editor Jurnal Teknik Informatika Kaputama tidak membuat pernyataan atau jaminan apa pun mengenai keakuratan, kelengkapan, atau kesesuaian untuk tujuan apa pun dari Konten. Semua pandangan yang dikemukakan dalam publikasi ini merupakan pendapat penulis dan belum tentu merupakan pendapat Redaksi Jurnal Teknik Informatika Kaputama.