Analisis Pengaruh Usability Desain Fitur GoFood pada Aplikasi Gojek Terhadap Kepuasan Pengguna

Authors

  • Itsna Sabila Hidayati Universitas Negeri Semarang
  • Januar Pancaran Nur Fajri Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Alvin Adinata Universitas Negeri Semarang
  • Rangga Wicaksana Universitas Negeri Semarang
  • Florentina Yuni Arini Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59697/jtik.v9i1.919

Keywords:

GoFood, Usability, Kepuasan Pengguna

Abstract

GoFood, sebuah fitur aplikasi Gojek untuk pemesanan makanan secara daring, telah menjadi pilihan populer di kalangan masyarakat. GoFood menggabungkan layanan ojek online dengan layanan pemesanan makanan yang memungkinkan pengguna memesan makanan dan minuman tanpa harus pergi ke tempat penyedia layanan tersebut. Dalam pengembangannya, pengimplementasian usability yang efektif, yang terdiri dari komponen learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction, menjadi fokus penting untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi setiap komponen tersebut dan memberikan saran guna meningkatkan kepuasan pengguna. Metode yang digunakan adalah survei melalui kuesioner dengan platform Google Form kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima komponen usability GoFood berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna.

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

Itsna Sabila Hidayati, Januar Pancaran Nur Fajri, Muhammad Alvin Adinata, Wicaksana, R. ., & Yuni Arini, F. . (2025). Analisis Pengaruh Usability Desain Fitur GoFood pada Aplikasi Gojek Terhadap Kepuasan Pengguna. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 9(1), 25–35. https://doi.org/10.59697/jtik.v9i1.919