SIMULASI ANTRIAN PELAYANAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAMMA
DOI:
https://doi.org/10.59697/jtik.v2i1.662Keywords:
Simulasi, Antrian, Metode Gamma.Abstract
Penelitian ini membahas simulasi antrian di bank dengan menggunakan metode gamma. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan menerapkan metode gamma untuk mensimulasikan antrian layanan pelanggan bank. Dalam sistem antrian biasanya ada tiga komponen yang saling berhubungan satu sama lain kedatangan, antrian atau antrean. Melalui simulasi yang akan dilakukan dapat dilihat bahwa kinerja sistem yang diamati akan dikoreksi sehingga mendapatkan perbaikan agar benchmark untuk layanan dapat berjalan lebih baik lagi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan distribusi Poisson untuk kedatangan pelanggan tunggal dengan teller tunggal dan antrian tunggal mengikuti aturan FIFO. Berdasarkan hasil penelitian, ada empat server yang memadai untuk melayani, jika hanya satu server akan menghasilkan waktu tunggu rata-rata yang sangat panjang yang menyebabkan pelanggan bosan, sementara dengan dua server masih menghasilkan rata-rata lama menunggu waktu dan menyebabkan antrian, jika menggunakan tiga server jumlah waktu tunggu tidak terlalu lama dan tidak membuat antrean panjang. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan akan dikembangkan simulasi antrian yang memiliki kedatangan atau layanan dengan distro lain dan dapat digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan guna memaksimalkan waktu layanan pelanggan atau menambah jumlah server sebagai pelayan, dan meminimalkan server jika dianggap berlebihan dalam layanan untuk meminimalkan biaya operasional