PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTIMEDIA (Studi Kasus : SMK TI SWASTA BUDI AGUNG MEDAN)

Authors

  • Andrian Syahputra Universitas Potensi Utama
  • Rizki Maulida Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.59697/jtik.v3i1.649

Keywords:

media pembelajaran, multimedia, teknologi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang berpusat pada tekhnologi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media ajar yang dapat dipergunakan oleh guru-guru tingkat SMK. Metode awal yang digunakan adalah riset perancangan media pembelajaran fisika yang meliputi dari aspek kesesuaian dengan kurikulum, bahasa yang digunakan pada media pembelajaran maupun tampilan visual yang menarik, hal ini melibatkan berbagai pihak untuk pengumpulan data digunakan metode pemberian angket  kepada guru bidang studi dan kepada siswa untuk menilai kelayakan dari media pembelajaran berbasis multimedia, dan hasil belajar siswa saat menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa 95% perancangan media pembelajaran fisika berbasis multimedia ini menarik, mudah dugunakan dan memiliki kesesuaian dengan kurikulum K13. Hasil observasi kepada siswa diperoleh sebesar 93% menyatakan rancangan media pembelajaran fisika berbasis multimedia menarik untuk digunakan. Hasil belajar siswa dengan menggunakan rancangan media pembelajaran berbasis multimedia ini mengalami peningkatan yaitu dari rata-rata 44 menjadi rata-rata 68,3 dengan nilai indeks gain sebesar 0,5 pada kategori sedang.

Downloads

Published

2019-01-01

How to Cite

Syahputra, A., & Maulida, R. (2019). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTIMEDIA (Studi Kasus : SMK TI SWASTA BUDI AGUNG MEDAN). JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 3(1), 15–21. https://doi.org/10.59697/jtik.v3i1.649