SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA UKM QUEEN PLASTIC

Authors

  • Shinta Dewi Student
  • Wahyudin

DOI:

https://doi.org/10.59697/jtik.v8i1.458

Keywords:

Karyawan, Kinerja Karyawan, Sistem Pendukung Keputusan, AHP (Analytical Hierarchy Process)

Abstract

Karyawan adalah satu dari beberapa aset penting yang dimiliki oleh perusahaan dalam usahanya mempertahankan kelangsungan bisnis, berkembangnya bisnis dan untuk kemampuan bersaing serta mendapatkan keuntungan. Agar kualitas para karyawan terjaga dan meningkat, perusahaan perlu melakukan suatu penilaian kinerja karyawan berupa pemilihan karyawan terbaik. Mengetahui nilai kinerja karyawan apakah sudah maksimal atau belum maksimal dalam pekerjaan pada UKM Queen Plastic, dengan menggunakan metode Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dlapat mempermudah pengambilan keputusan untuk menentukan suatu opsionall dengan memakai kriteria beserta metode AHP atau solusi penyelesaian masalah dalam menentukan karyawan terbaik. Dalam metode Analytical Hierarchy Process (AHP) ini bisa disederhanakan dan pengambilan keputusan yang cepat. Metode AHP memungkinkan pengguna untuk secara intuitif menentukan nilai bobot relatif untuk beberapa kriteria melalui perbandingan berpasangan, yang dirubah ke suatu himpunan bilangan yang merepresent prioritas relatif pada setiap kriteria dan alternatif. Hasil penelitian yang dilakukan dari awal hingga akhir serta didukung dengan penentuan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya maka berdasarkan hasil peringkat disarankan memilih karyawan bernama Ibu Muinah sebagai pilihan utama dengan nilai tertinggi yaitu (0.94), Zahra (0.76), Agnes (0.67), Mila (0.59), Khusnul (0.56), dan Nia (0.48) untuk menjadi karyawan terbaik pada UKM Queen Plastic.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Dewi, S., & Wahyudin. (2024). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA UKM QUEEN PLASTIC. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 8(1), 102–110. https://doi.org/10.59697/jtik.v8i1.458