PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION

Authors

  • Labuan Nababan Universitas Potensi Utama Medan
  • Lamtiur Sinambela Politeknik Negeri Medan
  • Jane Elnovreny Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.59697/jtik.v7i1.39

Keywords:

Pembelajaran, Android, CAI, Augmented Reality, Vuforia, Unity, Pahlawan, Uml

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu cara atau alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini dilakukan untuk merangsang pola pembelajaran agar dapat menunjang keberhasilan dari proses belajar mengajar sehingga kegiatan belajar mengajar dapat efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Saat ini teknologi informasi sudah berkembang dengan pesat dan sangat mudah untuk mencari informasi tentang apapun. Tetapi informasi tentang sejarah para pahlawan indonesia dan benda bersejarah pada anak anak Khususnya anak TK dan SD masih banyak di dominasi oleh buku, sehingga menyebabkan siswa siswi malas untuk mempelajarinya. Oleh karena itu, aplikasi tentang sejarah dan biografi pahlawan revolusi dan pahlawan nasional Indonesia dan benda bersejarah sebagai sarana pembelajaran sangat diperlukan. Dalam penelitian ini,aplikasi dibangun menggunakan teknologi berbasis mobile Android. Dalam konteks ini, penggunaan AR dengan menggunakan CAI pastinya bisa mempermudah dalam memahami suatu bidang ilmu, contohnya pada bidang pengenalan Pengenalan Pahlawan dan Benda Bersejarah, pada umumnya biasanya hanya dapat melihat dan menggunakan media gambar dua dimensi. Dikarenakan komponen pengenalan  pahlawan nasional dan benda bersejarah yang banyak menjadikan masyarakat khususnya anak tingkat sekolah dasar cukup sulit memahaminya, untuk mempermudah anak sekolah dasar, pastinya membutuhkan suatu hal yang bisa merepresentasikan pengenalan pahlawan dan benda bersejarah secara nyata, menarik dan interaktif. Dari fenomena tersebuat penulis merancang dan  membuat media pembelajaran pengenalan berbagai jenis pengenalan pahlawan nasional dan benda bersejarah dengan menggunakan fasilitas teknologi AR, karena dapat memberikan informasi yang praktis, mudah dipahami dan menyenyangkan untuk digunakan anak anak sekolah.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Nababan, L., Sinambela, L., & Elnovreny, J. (2023). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 7(1), 75–83. https://doi.org/10.59697/jtik.v7i1.39