ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI E-LEARNING STMIK MUHAMMADIYAH JAKARTA

Authors

  • Deni Nurdiansyah STMIK Muhammadiyah Jakarta
  • Faiz Rafdhi STMIK Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59697/jtik.v6i2.289

Keywords:

Analisa, Perancangan, Aplikasi, dan E-Learning

Abstract

Pandemi Covid-19 saat ini melanda hampir seluruh negara, hal tersebut menuntut dunia pendidikan untuk melakukan berbagai perubahan maupun inovasi dan adaptasi demi kelancaran pelaksanaan proses pembelajaran tetap berjalan baik. Pandemi Covid-19 mendorong sektor pendidikan terutama perguruan tinggi untuk melakukan perubahan pada proses pembelajaran dimana proses pembelajaran berpindah dari pembelajaran konvensional atau tatap muka di kelas menjadi pembelajaran online atau daring. Oleh sebab itu, sangat diperlukan suatu rancangan aplikasi yang dapat mensinkronkan seluruh aktivitas perkuliahan. Tujuan dari penelitian adalah untuk memberikan solusi melalui pengkajian menganalisis dan merancang aplikasi E-Learning untuk kegiatan perkuliahan STMIK Muhammadiyah Jakarta. Untuk metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Metode Observasi, Wawancara, dan Studi Pustaka dan perancangan alur E-Learning mengunakan Unified Modeling Language (UML); serta metodologi perancangan aplikasi yang digunakan yaitu Waterfall dengan tahapan: Requirement, Design, Implementation, Verification, dan Maintenance. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah telah terbentuknya alur aplikasi yang akan dijalankan dan database Aplikasi E-Learing untuk kegiatan perkuliahan STMIK Muhammadiyah Jakarta.

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

Nurdiansyah, D., & Rafdhi, F. (2022). ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI E-LEARNING STMIK MUHAMMADIYAH JAKARTA. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 6(2), 797–808. https://doi.org/10.59697/jtik.v6i2.289