Pengaruh Game Edukasi Objek Wisata Terhadap Siswa SDN 3 Purbalingga Lor

Authors

  • Budi Satria Universitas Stikubank Semarang
  • Budi Hartono Universitas Stikubank Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59697/jtik.v6i2.284

Keywords:

Game Edukasi, Eksperimental, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, Objek Wisata

Abstract

Game edukasi merupakan media pembelajaran berupa game yang berisikan materi di dalamnya. Bisa berupa pertanyaan, tebak gambar atau lainnya. Adanya game edukasi juga dapat menjadi alternatif media pembelajaran pada era pandemi covid-19. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh game edukasi terhadap pemahaman siswa sekolah dasar terkait pengenalan objek wisata di Jawa Tengah. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimental melalui pretest dan post test guna mengetahui pengaruh dua variabel namun tidak ada kelompok kontrol. Siswa SDN 3 Purbalingga Lor merupakan subjek dari penelitian ini, dengan frekuensi sebanyak 14 siswa. Diperoleh data pretest, nilai terendah adalah 10 dan tertinggi adalah 70, dengan rata-rata nilai kelas 33. Jika melihat hasil posttest, didapat raihan nilai tertinggi dengan nilai 100 dan terendah adalah 80, dengan perolehan rata-rata nilai kelas 95. Ini membuktikan bahwa penerapan game edukasi berpengaruh pada kemudahan siswa dalam memahami materi, khususnya dalam mengenal objek wisata di Jawa Tengah. 

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

Satria, B., & Hartono, B. (2022). Pengaruh Game Edukasi Objek Wisata Terhadap Siswa SDN 3 Purbalingga Lor. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 6(2), 767–776. https://doi.org/10.59697/jtik.v6i2.284