PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENJUALAN UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN BERBASIS WEB

Authors

  • Devi Astri Nawangnugraeni Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.59697/jtik.v7i2.18

Keywords:

Sistem Informasi Manajemen, Penjualan, Web

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi membawa banyak dampak dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya untuk bidang usaha. Implementasi teknologi dapat digunakan sebagai perangkat untuk meningkatkan efektivitas pelayanan kepada pelanggan. Saat ini beberapa pemilik usaha masih menggunakan sistem penjualan secara manual. Sistem penjualan ini memiliki kelemahan yaitu sering terjadi kesalahan dalam pencatatan dan pencarian data yang sulit. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem informasi manajemen untuk membantu transaksi jual beli pada toko. Metode pengembangan sistem informasi ini terdiri dari pengumpulan kebutuhan, membangun prototyping, evaluasi prototyping, mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem, dan penggunaan sistem. Hasil pengembangan ini yaitu sebuah sistem informasi manajemen penjualan berbasis web yang dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan penjualan pada toko. Dengan menggunakan sistem informasi ini maka pelayanan kepada pelanggan dapat lebih efisien dan efektif.

Downloads

Published

2023-07-12

How to Cite

Devi Astri Nawangnugraeni. (2023). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENJUALAN UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN BERBASIS WEB. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 7(2), 249–259. https://doi.org/10.59697/jtik.v7i2.18