Role Playing Game (RPG) Quiz Menggunakan Algoritma A* dan Perlin Noise
DOI:
https://doi.org/10.59697/jtik.v7i2.14Keywords:
permainan, jalur terpendek, algoritma A*, algoritma Perlin NoiseAbstract
Salah satu jenis permainan yang terkenal yaitu RPG. RPG merupakan permainan yang memakai dasar cerita untuk kemudian diubah menjadi sebuah permainan. Dimana pemain berada di sebuah dunia khayalan dan memainkan tokoh dalam cerita tersebut. RPG terdiri dari beberapa elemen kunci di antaranya yaitu penjelajahan, dan pertarungan. Algoritma A* digunakan untuk mencari jalur terpendek antara dua buah titik. Dalam penelitian ini algoritma A* digunakan untuk memecahkan masalah pencarian jalur terpendek dari Non Player Character (NPC) ke karakter pemain. Sedangkan NPC bergerak mengikuti jalur yang dibuat menggunakan algoritma A* untuk mengejar dan menyerang karakter pemain. Sedangkan algoritma Perlin Noise merupakan algoritma untuk menghasilkan coherent noise yang memenuhi ruang. Algoritma Perlin Noise menghasilkan texture 2 dimensi yang tidak berubah yang kemudian diproses menjadi terrain yang dapat dijelajahi. Permainan quiz yang dihasilkan dari penelitian ini dapat dimainkan di Personal Computer (PC) secara singleplayer dan offline. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, permainan ini merupakan gabungan antara quiz serta memuat semua elemen kunci dari game RPG seperti cerita dan pengaturan, penjelajahan dan pencarian, item dan inventory, perkembangan karakter, experience dan level, pertarungan, UI dan grafis.