PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTIMEDIA (Studi Kasus : SMK TI SWASTA BUDI AGUNG MEDAN)

Andrian Syahputra, Rizki Maulida

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang berpusat pada tekhnologi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media ajar yang dapat dipergunakan oleh guru-guru tingkat SMK. Metode awal yang digunakan adalah riset perancangan media pembelajaran fisika yang meliputi dari aspek kesesuaian dengan kurikulum, bahasa yang digunakan pada media pembelajaran maupun tampilan visual yang menarik, hal ini melibatkan berbagai pihak untuk pengumpulan data digunakan metode pemberian angket  kepada guru bidang studi dan kepada siswa untuk menilai kelayakan dari media pembelajaran berbasis multimedia, dan hasil belajar siswa saat menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa 95% perancangan media pembelajaran fisika berbasis multimedia ini menarik, mudah dugunakan dan memiliki kesesuaian dengan kurikulum K13. Hasil observasi kepada siswa diperoleh sebesar 93% menyatakan rancangan media pembelajaran fisika berbasis multimedia menarik untuk digunakan. Hasil belajar siswa dengan menggunakan rancangan media pembelajaran berbasis multimedia ini mengalami peningkatan yaitu dari rata-rata 44 menjadi rata-rata 68,3 dengan nilai indeks gain sebesar 0,5 pada kategori sedang.

 

Kata Kunci : media pembelajaran, multimedia, teknologi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arief, Sadiman. (2002). Media Pembelajaran dan dan proses belajar mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan : Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

DimyatidanMujiono. (2006). Belajardan Pembejaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Pustekkom DIKNAS, Jakarta.

Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung

Munir. (200)8. Kurikulum Berbasis Teknologi dan Informasi. Bandung: Alfabeta

Oemar Hamalik. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Rajawali Pers, Jakarta.

Slameto. (2012). Belajar dan Faktor – Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Alegesindo

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Beroreiontasi Kontruktivistis, Presentasi Pustaka Publisher, Jakarta.

Uno, Hamza B. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang

Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Didukung oleh:

STMIK Kaputama Binjai
Jl. Veteran No. 4 A - 9 A Binjai Kota Email : jtik.kaputama@gmail.com
p-ISSN : 2548-9704
e-ISSN : 2686-0880