PENDAMPINGAN AKSELERASI IMPLEMENTASI MBKM KOMUNITAS DKM DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG
DOI:
https://doi.org/10.59697/jik.v6i2.122Keywords:
Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Duta Kampus MerdekaAbstract
Komunitas Duta Kampus Merdeka (DKM) 2022 memiliki sifat (nature) go-to-person dalam melaksanakan tugasnya untuk mengakselerasi implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sesuai dengan spirit transformasi pendidikan tinggi. Oleh karena itu, DKM diharapkan mampu berperan sebagai problem shooter yaitu mampu menjawab dan membantu memecahkan masalah tentang implementasi program Kampus Merdeka baik di lingkungan Perguruan Tinggi (PT) maupun di PT sekitar. Salah satu upaya untuk mengoptimalkan peran dan nature DKM serta membantu penyelesaian masalah dan mengakselerasi implementasi Kampus Merdeka di perguruan tinggi, maka DKM Leads menjalin kerjasama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) untuk melaksanakan kegiatan kolaborasi. Kolaborasi dilaksanakan dalam bentuk Pendampingan Akselerasi Implementasi MBKM yang bertujuan meningkatkan kapasitas DKM sebagai problem shooter dengan solusi yang disampaikan secara on the spot. Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan sinergi dalam memetakan dan memberikan rekomendasi tematik bagi perguruan tinggi dan program studi yang masih memiliki kendala dalam implementasi Kampus Merdeka. Melalui Pendampingan Akselerasi Implementasi MBKM, DKM dan LLDIKTI dapat membantu mengakselerasi implementasi MBKM secara sistemik dan komprehensif.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-07-01
How to Cite
Prastyo, Y. D., Herlina, L., Santoso, A. M., Raya, A. B., Wahyudin, N., Sulistiowati, A. D., Rinata, E., Diah, A. W. M., Syahrani, A., Siburian, R. H. S., Bachtiar, W., Setiawan, H., Meyditia, F., Lesmana, R., Saputro, A. D., & Pardede, A. M. H. (2022). PENDAMPINGAN AKSELERASI IMPLEMENTASI MBKM KOMUNITAS DKM DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG. Jurnal Informatika Kaputama (JIK), 6(2), 226–232. https://doi.org/10.59697/jik.v6i2.122
Issue
Section
Articles