Implementasi Pemilihan Media Pembelajaran Digital Meeting Dengan AHP Pada Universitas Islam Al-Ihya Kuningan (UNISA)

Maulana Ikhsan, Nico Dias Palasara

Sari


Dengan adanya pandemi virus yang sedang terjadi, pemerintah memutuskan untuk mengambil kebijakan dalam meminimalisir penyebaran virus tersebut. Salah satunya adalah himbauan kepada semua perguruan tinggi untuk melakukan proses perkuliahan secara daring. Untuk keberlangsungan perkuliahan secara daring, diperlukannya media yang dapat mendukung hal tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran digital meeting, diantaranya adalah Zoom Meeting, Google Meet, Zoho Meeting, Skype, dan Hangout Meeting. Dengan banyaknya aplikasi digital meeting tersebut menjadi suatu permasalahan dalam menentukan media digital meeting manakah yang lebih efektif untuk mendukung perkuliahan secara daring. Berdasarkan hal tersebut penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membantu mahasiswa dan dosen dalam menentukan pilihan aplikasi digital meeting yang sesuai. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) adalah salah satu metode yang dapat digunakan dalam menentukan pengambilan keputusan dengan menentukan tujuan, kriteria, dan alternatif yang disederhanakan ke dalam bentuk hirarki. Kriteria yang digunakan adalah Fitur Aplikasi, Bandwidth, Harga Berlangganan, Jumlah Partisipan, dan Kemudahan Pengguna. Hasil dari penelitian berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan menunjukan bahwa aplikasi Zoom Meeting memiliki angka persentasi tertinggi yaitu 47%, kemudian Google Meet dengan angka persentasi sebesar 26%, lalu aplikasi Hangout Meeting dengan angka persentasi sebesar 10%, kemudian aplikasi Zoho Meeting dengan angka persentasi sebesar 9%, dan yang terakhir adalah aplikasi Skype dengan angka persentasi sebesar 9%.

Kata Kunci


AHP; Media Pembelajaran Digital Meeting

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


D. Danang, W. P. Mustika, and A. Merdekawati, “Pemilihan Aplikasi Meeting Online Untuk Mendukung Work From Home Menggunakan Metode AHP,” vol. 4, no. September, pp. 533–544, 2020.

M. Muslihudin and Oktafianto, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2016.

D. R. Prehanto, Buku Ajar Model Sistem Pendukung Keputusan dengan AHP dan IPMS. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.

T. Limbong and dkk, Sistem Pendukung Keputusan : Metode dan Implementasi. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

L. L. Asyriati, M. Jamil, and S. H. Abbas, Buku Ajar : Sistem Pendukung Keputusan Teori dan Implementasi. Sleman: Deepublish, 2018.

M. A. Hamid, R. Ramadhani, Masrul, Juliana, M. Safitri, M. Munsarif, Jamaludin, and J. Simarmata, Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

A. Supriadi and Dkk., Analitycal Hierarchy Process (AHP) Teknik Penentuan Strategi Daya Saing Kerajinan Bordir. Sleman: Deepublish, 2018.

H. Pratiwi, Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan. Sleman: Deepublish, 2016.

F. Susanto, Pengenalan Sistem Pendukung Keputusan. Sleman: Deepublish, 2020.

F. I. M. Sinaga, N. S. Fatonah, and W. I. Rahayu, Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process dalam Sistem Pendukung Keputusan Penlaian Kinerja Karyawan untuk Pemilihan Manager (Studi Kasus : DDB PT.Telekomunikasi Indonesia. CV. Kreatif Industri Nusantara, 2020.

N. Palasara, “Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process,” vol. 4, no. 1, pp. 31–46, 2017.

H. Purwanto, “PEMILIHAN APLIKASI TRANSPORTASI OJEK ONLINE DENGAN,” pp. 219–224.

R. Resti, P. Sari, and N. Agustina, “Analisa Keputusan Pemilihan Aplikasi Chatting Untuk Group Pada Pengguna Smartphone Android Dengan Metode Analytic Hierarchy Process ( AHP ),” vol. 19, no. 2, pp. 131–141.

S. Anshori, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran,” vol. 9924, pp. 88–100.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Didukung oleh:

STMIK Kaputama
Jl. Veteran No. 4 A - 9 A Binjai Kota Email : jtik.kaputama@gmail.com
p-ISSN : 2548-9704
e-ISSN : 2686-0880