SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN KOPI ARABIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Era Pelita Sinaga, Sulindawaty Sulindawaty

Sari


Dalam penelitian ini, bertujuan untuk merancang sebuah sistem pakar untuk mendiagnosa hama dan penyakit pada tanaman kopi arabika, serta memberikan solusi untuk mencegah hama ataupun penyakit yang menyerang tanaman kopi arabika. Metode yang digunakan pada sistem pakar ini adalah metode Certainty Factor. Metode Certainty Factor dipilih karena metode ini cocok dalam proses penentuan identifikasi hama dan penyakit, dan hasil dari penerapan metode ini adalah persentase. Penentuan persentase dipengaruhi oleh nilai MB dan nilai MD yang didapat dari penilaian seorang pakar. Persentase pada konsultasi sistem pakar di ambil dari hasil tertinggi pertama, sebagai alternatif  hama dan penyakit yang menyerang tanaman kopi arabika. Sistem pakar mendiagnosa hama dan penyakit tanaman kopi arabika untuk memudahkan para petani kopi jenis arabika untuk mencari informasi yang lebih detail dan akurat tentang hama dan penyakit Kopi Arabika serta solusi pencegahan nya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asbon Hendra. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Medan: Andi.

Candra Wirawan. Et al. 2011. Budidaya Kopi Konservasi. Jakarta: Conservation International Indonesia.

Desiani., Anita., dan Muhammad Arhami, (2006). Konsep Kecerdasan Buatan, Yogyakarta : Andi Publisher.

Haryanto Budiman. Prospek Tinggi Bertanam Kopi. Yoyakarta: Pustaka Baru Press.

Muhammad Eka., & Novita Anggraini. Sistem Pakar Identifikasi Defisiensi Unsur Hara Pada Tanaman Kopi Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis WEB. Sains Komputer dan Informatika, 2017, 1(2).

Mohammad Arifin., Slamin., & Windi Eka Yulia Retnani. Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Untuk Tanaman Tembakau. Berkala Sainstek, 2015, 5(1).

Muhammad Arhami. 2017. Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi.

Rosa A.S., & M. Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Stephanie Halim., & Seng, Hansun. Penerapan Metode Certainty Factor dalam Sistem Pakar Pendeteksi Resiko Osteoporosis dan Osteoarthritis. ULTIMA Computing, 2015, 7(2)




DOI: https://doi.org/10.1234/jik.v2i2.113

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Didukung oleh:

STMIK Kaputama Binjai
Jl. Veteran No. 4 A - 9 A Binjai Kota Email : jik.kaputama@gmail.com
p-ISSN : 2548-9739
e-ISSN : 2685-5240